30/04/2012 ÿú A. Peran bimbingan konseling di sekolah Dalam kelangsungan perkembangan dan pertumbuhan anak didik, berbagai pelayanan di selenggarakan. Masing-masing pelayanan itu memiliki peran yang sangat berguna dan bermanfaat untuk memperlancar dan memberikan beak positive dalam proses perkembangan anak didik, khususnya dalam bidang tertentu yang menjadi fokus pelayanan.
PAI teacher, homeroom teacher, counselor BK , religious behavior, morality. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi peran guru PAI , wali kelas dan konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan siswa di SMP Darul Hikam Bandung.
Kemudian pelaksanaan layanan informasi di MTs. YAPI BKAI Sei Karang, juga belum terlaksana dengan baik dan efektif karena guru BK masih memberikan layanan informasi secara klasikal yang mana seperti mempersiapkan materi layanan tentang efektifitas pembelajaran . Kemudian faktor penghambat pelaksanaan bimbingan dan konseling di MTs. YAPI, 17/11/2012 ÿú Membantu guru BK melaksanakan tugas-tugasnya khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Membantu guru mapel melaksanakan peranya dalam pelaksanaan bimbingan konseling khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Membantu untuk memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa di kelasnya untuk mengikuti layanan bimbingan konseling.
Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada peserta didik kelas menengah ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah tujuan, materi, metode, dan evaluasi. a. Tujuan Pembelajaran PAI pada Peserta Didik Sekolah Menengah. Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah untuk menumbuhkan, dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan, Layanan bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari pendidikan di Indonesia dalam upaya membantu siswa agar mencapaiperkembangan yang optimal, sesuai dengan potensinya. Oleh karena itu, pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah menjadi tanggung jawab bersama antara personel sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, konselor, dan pengawas.
Namun disini, perlu disadari bahwa layanan pendidikan, utamanya dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tentu beda dengan anak normal. Oleh karena itu perlu adanya solusi dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah inklusi. B. Pembahasan 1. Pembelajaran PAI, 09/12/2012 ÿú Layanan penempatan/ penyaluran diselenggarakan untuk melayani para siswa sesuai dengan potensi, bakat, minat, serta kondisi pribadinya. Dalam kelompok belajar misalnya, para siswa dikelompokkan sesuai dengan kecepatan belajarnya. Di dalam kelas, para siswa ada yang didudukkan di belakang, di depan, di samping kiri atau kanan, berdampingan dengan si A, si B, dan seterusnya.
08/05/2014 ÿú Peran kepembibingan guru dalam proses belajar dan pembelajaran menurut Satori dkk (2007) dapat diaplikasikan pada layanan bimbingan di sekolah yang dapat digolongkan menjadi empat macam, yaitu: bimbingan belajar, bimbingan pribadi, bimbingan sosial, dan bimbingan karier. Secara ringkas, pembahasan mengenai layanan bimbingan dimaksud dikemukakan ...;"